Muhammadnurpujianto's Blog

kegagalan adalah langkah menuju kemenangan

Kekurangan dan Kelebihan Aplikasi Browser

Berita  seputar dua browser terkenal telah muncul dalam periode yang sama, Firefox dan Opera. Firefox 3, tentu saja merupakan berita  terbesar minggu ini dan dikabarkan telah meraih 8 juta user yang telah mendownload browser tersebut pada hari download Firefox 3, selama satu hari penuh, pada Selasa (17/06) kemarin. Sedangkan untuk Opera telah terbit versi 9,5 dan memiliki perbedaan dengan Firefox 3.

Salah satu hal yang sering dikomplain oleh user adalah masalah kecepatan dan memori. Firefox 3 telah menggunakan SunSpider JavaScript tes untuk mengetes kecepatan Firefox, dan hasilnya kecepatan Firefox mencapai 5500 mikrodetik untuk memproses script yang diteskan dan memiliki margin error sekitar 1,5%.

Memori RAM yang dimiliki Firefox sekitar 127 MB dengan 15 tab terbuka, sementara Opera menggunakan memori RAM sekitar 117 MB. Hal ini mengejutkan bahwa Opera hampir mampu menyamai kapasitas penyimpanan Firefox, mengingat Opera hanya menggunakan kode-kode lama.

Menurut pihak Opera, user yang senang browsing dengan ponselnya lebih menyukai browsing dengan menggunakan Opera dan menyimpan informasi personalnya ke Opera. Opera juga memiliki banyak fitur seperti location bar, yang kini menjadi inspirasi Firefox untuk membuat icon sidebar yang lebih menarik seperti untuk speed dialing dan manajemen password.

Firefox, juga memiliki plug-in dimana user dapat merubah atau mengatur open source pada Mozilla. Banyak fitur yang dimiliki Opera 9,5 seperti kemampuan untuk melihat password apakah bekerja atau tidak sebelum disimpan, juga dimiliki oleh Firefox 3. Kedua browser juga memiliki session management dan bookmark pencarian.

Kedua browser masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun user dapat memilih diantara keduanya, mana yang lebih cocok ketika browsing dan mana yang lebih disukai untuk style personal. (h_n)

Telah banyak kita jumpai bermacam-macam browser web. Namun, terkadang dapat menimbulkan kebingungan manakah browser yang sebaiknya dipakai atau lebih baik daripada browser yang lain. Berikut merupakan penjelasan kelebihan dan kekurangan dari beberapa browser :

1. Firefox : Best all-purpose browser. Browser web Firefox adalah kombinasi ideal dari performance dan security, yang cocok untuk setiap orang dari akses web tentang hiburan hingga ke urusan bisnis user. Pengamat browser menyatakan kehandalannya, ukurannya yang kecil, ActiveX security yang rapat dan fitur lengkap seperti tabbed browsing, pop-up blocking, RSS reader, download manager, password manager, automatic updates, customized search, dan. Firefox dapat berjalan di platform system informasi Windows, Linux, dan Mac OS X.
2. Internet Explorer (IE) : Most secure browser. Pengamat browser menyatakan bahwa sebagian besar orang lebih suka menggunakan browser lain di platform Windows, namun Internet Explorer sebenarnya lebih aman daripada browser lain. Fitur yang dimiliki IE yakni manajemen keamanan termasuk ActiveX opt-out, URL parser untuk memblokir malware dan teknologi anti-phishing. IE adalah browser pertama dan satu-satunya yang memiliki “EV-ready”, sebuah desain tingkat tinggi yang memampukan browser untuk melindungi situs dari phishing, yakni teknik mengelabui user dengan mengirimkan email atau instant messaging palsu yang meminta data username, password ataupun nomor kartu kredit.
3. Opera : Fastest browser. Menurut pengamat browser, Opera dijuluki sebagai yang tercepat, terkecil dan browser paling efisien selama ini. Opera memiliki sebagian besar fitur Firefox, ditambah beberapa fitur lainnya. Versi terbaru Opera juga memiliki widget atau aplikasi web kecil yang ada di desktop user dan mendukung BitTorrent, sebuah teknologi pendistribusi file popular. Dulu Opera versi lengkap harus membayar lisensi, sedangkan untuk sekarang Opera benar-benar gratis.
4. Camino. Best web browser for Macs. Camino menyediakan semua fungsi dan fitur dari browser Mac. Ukuran file yang kecil dapat berintegrasi dengan layanan Mac, dengan pilihan kecepatan akses tinggi. Selain di platform Mac, Camini juga ditemukan dalam platform Windows seperti cursor-over tooltips khususnya ketika melakukan navigasi dengan banyak tab. User Interface yang murni Mac ini sangat atraktif dan performa lebih cepat dibandingkan Firefox dan Safari.
5. Opera Mini : Best mobile browser. Satu komitmen dari Opera yakni inovatif, performance tinggi, telah membawa user ke Opera Mini 4. Opera Mini ini didesain untuk mobile user termasuk shortcut keyboard, landscape viewing, layar kecil, satu klik akses ke bookmark dan tool navigasi yang simple. Opera juga menyediakan sinkronisasi bookmark, setting browser antara desktop dan mobile device seperti ponsel melalui layanan Opera Link.

21 Januari 2010 - Posted by | Uncategorized

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: